MEMBANGUN KOMITMEN MENUJU PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR

MEMBANGUN KOMITMEN

MENUJU PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR


Masyarakat dan orang tua perlu introspeksi,

guru harus berbenah diri, siswa  berusaha merubah diri,

pemerintah harus memberikan perhatian memadai,

niscaya pendidikan dan prestasi peserta didik akan lebih baik.

 

Oleh : Mujiburrahman, S.Pd.

Proses pembelajaran yang berlangsung antara guru dan peserta didik di sekolah sering mendapat sorotan dari banyak kalangan, baik dari orang tua siswa , masyarakat bahkan pemerintah. Munculnya sorotan yang terkesan miring terhadap kinerja para guru akhir-akhir ini tidak lepas dari kenyataan yang terjadi di lapangan. Hasil belajar siswa yang cenderung mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Hal ini ditandai dengan banyaknya siswa yang tidak lulus pada ujian nasional belum lama ini, dimana hasil ujian nasional tersebut dijadikan sebagai salah satu indikator keberhasilan sebuah satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pendidikan.

Guru yang menjadi ujung tombak penyelenggara pendidikan pada satuan pendidikan dihadapkan dengan begitu banyak tugas dan tanggung jawab, sehingga mengakibatkan guru terlalu sibuk dengan berbagai macam tetek bengek administrasi persiapan mengajar yang begitu komplek. Padahal pencapaian kompetensi dan prestasi belajar peserta didik tidak mutlak bisa dicapai dengan persiapan administrasi yang ribet,  dimana  pada kenyataannya semua itu kadang tidak terlalu “relevan” dengan kondisi riil yang ada di dalam kelas saat itu. Tidak jarang guru menyiapkan admnistrasi pembelajaran yang rapi, sistematis dilengkapi dengan metode dan media pembelajaran yang cukup aplikatif, namun kondisi peserta didik dan atmospere pembelajaran yang tidak mendukung kadang persiapan-persiapan tersebut sia-sia. Artinya guru berusaha sepintar-pintarnya mensiasati proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa pada saat pembelajaran akan berlangsung. Namun walaupun demikian, bukan berarti segala kelengkapan persiapan mengajar lantas diabaikan, justru dengan lengkapnya administrasi mengajar harapan untuk  mendapatkan hasil pembelajaran yang lebih baik semakin terbuka dan beralasan.

Di samping itu, guru harus dihadapkan dengan heterogenitas siswa, dimana sifat dan karakter siswa sangat berbeda-beda dan varfiatif dengan berbagai  permasalahan yang begitu kompleks serta membutuhkan  penanganan dan solusi yang tepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada diri siswa itu sendiri.

Namun, hal terpenting yang harus dilakukan oleh para guru adalah bagaimana agar bisa mempertahankan dan bahkan meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan tugas sebaik-baiknya dengan penuh kepercayaan diri sambil  menumbuhkan komitmen yang tinggi terhadap tugas pokok dan fungsinya dengan penuh rasa tanggung jawab, sehingga sorotan miring terhadap tugas dan kewajiban guru dapat diminimilisir bahkan dieliminir dari benak semua kalangan.

Introspeksi  semua kalangan mutlak dilakukan. Kekurangan dan kesalahan tidak cuma berada pada penyelenggara pendidikan di tingkat satuan pendidikan saja, khususnya guru dan kepala sekolah. Namun kekurangan dan kesalahan bisa saja melekat pada semua komponen, baik yang bertanggung jawab secara langsung maupun tidak langsung terhadap penyelenggaraan pendidikan.

Orang tua dan masayarakat mempunyai peran yang sangat penting dan berpengaruh terhadap pembentukan karakter, moral dan etika serta ahklaq peserta didik ketika berada di lingkungannya. Perhatian yang sungguh-sungguh dan pengawasan yang kontinyu terhadap kegiatan peserta didik di luar lingkungan satuan pendidikan akan memberikan dampak yang positif bagi perubahan prilaku, cara berpikir dan cara pandangnya terhadap pentingnya pendidikan dan masa depan yang lebih baik.

Sebagai kesimpulan bahwa yang harus dilakukan saat ini adalah masyarakat dan orang tua perlu introspeksi, guru harus terus berbenah diri, siswa  berusaha untuk merubah diri, pemerintah harus memberikan perhatian yang memadai, niscaya semua harapan agar pendidikan dan prestasi peserta didik meningkat akan dapat dicapai kalau dilakukan dengan kolaborasi yang harmoni dari semua pihak.

 

Penulis

Kepala SMP Negeri 1 Taliwang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: