PENINGKATAN MOTIVASI MENULIS TEKS DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS

PENINGKATAN MOTIVASI MENULIS TEKS DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VIII.1 SMP NEGERI 1 TALIWANG

Oleh : Mujiburrahman

Kepala SMP Negeri 1 Taliwang

Kabupaten Sumbawa Barat

ABSTRAKS

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur motivasi siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Taliwang untuk menulis dalam bahasa Inggris dengan menggunakan media gambar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan menggunakan istrumen tes dan analisis data menggunakan metode kualititatif. Untuk meningkatkan motivasi menulis teks deskriptif dilakukan tindakan berupa menjelaskan tentang teks deskriptif dan  langkah-langkah penulisan teks deskriptif. Berdasarkan data hasil observasi ditemukan bahwa penggunaan media gambar mampu meningkatkan motivasi siswa. Hal ini ditandai oleh hasil yang diperoleh pada siklus pertama bahwa 52% siswa termotivasi dan pada siklus kedua terjadi peningkat  motivasi yang ditandai dengan 80% siswa termotivasi.

Kata Kunci: Motivasi, Teks Deskriptif, dan Media Gambar

1. Pendahuluan

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Keterampilan ini menjadi sangat penting di era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi belakangan ini. Sebagai bagian dari masyarakat, sangatlah penting seseorang terlibat dalam komunikasi tertulis, setidaknya sebagai pembaca. Namun menjadi seorang pembaca saja belum cukup, karena ketika seseorang butuh mengungkapkan gagasan dan pikirannya kepada orang lain, khususnya ketika gagasan dan pikiran itu tidak mampu diungkapkan  dalam bahasa lisan, maka alternatif yang bisa digunakan yaitu dengan bahasa tulis

Peneliti mengangkat masalah ini dilatarbelakangi oleh kerisauan akan kurang dan rendahnya motivasi siswa menulis dalam bahasa Inggris, sehingga berakibat terhadap rendahnya kemampuan dan prestasi siswa menulis dalam proses pembelajaran di kelas. Berangkat dari kerisauan dan kekhawatiran itulah peniliti mencoba mengembangkan sebuah media pembelajaran yang digunakan untuk memotivasi siswa menulis bahasa Inggris  yaitu dengan menggunakan media gambar, khususnya untuk menulis  teks deskriptif.

Menulis dengan menggunakan media gambar akan lebih memudahkan siswa untuk mengungkapkan gagasan dan pikirannya, walaupun hasilnya masih sangat  jauh dari kesempurnaan sebuah tulisan. Namun minat dan  motivasi siswa untuk mau menuangkan ide dan pikirannya ke dalam bentuk tulisan merupakan hal yang harus dihargai dan menjadi prioritas dalan tulisan ini sambil melakukan bimbingan, pengarahan dan perbaikan-perbaikan yang mengarah kepada komposisi tulisan yang bermakna.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat tentang motivasi siswa dalam menulis, maka pengamatan dan penelitian pada topik ini perlu penulis lakukan. Inilah alasan penulis mengambil topik ini sebagai topik penelitian.

Berdasarkan beberapa hal yang dipaparkan di atas, peneliti dapat rumuskan  suatu masalah bahwa : ”Bagaimanakah upaya meningkatkan motivasi menulis teks deskriptif bahasa Inggris menggunakan media gambar di kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Taliwang?”

Peneliti mengangkat permasalahan ini dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi menulis teks deskriptif bahasa Inggris menggunakan media gambar, khususnya pada siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Taliwang.

Dengan demikian, dari hasil penelitian ini nanti dapat memberikan manfaat bagi peneliti sendiri dan guru-guru lain agar mampu memicu dan memotivasi kreativitas dirinya dalam mengembangkan  strategi pembelajaran di kelas. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan acuan dan alternatif model pembelajaran yang lebih efektif, inovatif, aplikatif dan menyenangkan dalam pembelajaran bahasa Inggris, khususnya pembelajaran menulis teks deskriptif bahasa Inggris.

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Taliwang dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Pelaksanaan penelitian ini dimulai sejak bulan Juli dan berakhir pada bulan Desember Tahun Pembelajaran 2007/2008.

Fokus penelitian ini adalah upaya meningkatkan motivasi siswa menulis teks deskriptif bahasa Inggris menggunakan media gambar. Pemilihan media gambar sebagai instrumen dalam penelitian ini mengingat media ini memiliki kelebihan-kelebihan, diantaranya: mudah persiapkan, mudah disajikan, lebih bervariasi, lebih menarik dan menyenangkan, (Depdiknas, 2005)

Menurut Uzer Usman (2002) bahwa motivasi adalah suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan atau keadaan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu. Motivasi bisa berupa motivasi intrinsik dan ekstrinsik.

Pada penelitian ini, peneliti melakukan tindakan dalam dua siklus. Pada  siklus pertama, peneliti menemukan kelemahan dan kekurangan selama proses pembelajaran, yang berimplikasi terhadap motivasi siswa menulis. Kemudian peneliti melanjutkan dengan siklus yang kedua, di mana pada siklus ini, peneliti merubah tindakan dalam memotivasi siswa selama proses pembelajaran dan peneliti menemukan bahwa pada siklus kedua tersebut mengalami peningkatan motivasi yang cukup signifikan.

2. Pembahasan dan Hasil

Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan media gambar yang diberikan dalam bentuk penugasan. Siswa diminta untuk menulis teks deskriptif sederhana berdasarkan gambar yang diberikan atau yang dipilih oleh siswa sendiri. Data diperoleh dari hasil tugas yang diberikan kepada siswa dengan kriteria yang sudah ditetapkan dalam indikator menulis teks deskriptif.

Berdasarkan hasil penugasan pada siklus pertama terhadap 25 orang siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Taliwang menunjukkan bahwa 13 orang siswa atau  52% motivasinya berada pada kriteria Baik. Sementara 7 orang siswa atau  28% motivasinya pada kriteria Cukup. Sedangkan 5 orang siswa atau  20% berada pada kriteria Kurang.

Kemudian pada siklus kedua diperoleh  hasil  bahwa 20 orang siswa atau  80% motivasinya pada kriteria Baik. Sementara 3 orang siswa atau 12% berada pada posisi kriteria Cukup, sedangkan 2 orang siswa atau   8% berada pada kriteria Kurang. Hal ini menandakan bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan atau dengan kata lain penelitian ini berhasil.

3. Simpulan

Dari hasil pembahasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa motivasi siswa menulis  eks deskriptif bahasa Inggris dengan menggunakan media gambar mengalami peningkatan yang signifikan, sehingga dengan adanya peningkatan motivasi tersebut memberikan dampak terhadap perbaikan keterampilan menulis. Dengan kata lain bahwa menulis teks deskriptif bahasa Inggris dengan  menggunakan media gambar memberikan pengaruh yang  positif terhadap proses kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif, aplikatif, inovatif dan menyenangkan.

DAFTAR PUSTAKA

Arapoff, Nancy. 1972. Writing Is A Think Process. Theaching English As A Second Language. Edited by Harold B. Allen. New York. Mc. Graw Hill-International Book Company.

Depdiknas. 2005. Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Jakarta : Digandakan oleh Kegiatan Pengambangan Sistem dan Pengendalian Program SMP.

Hornby,  A.S. 1983. Advanced Learner’s Dictionary of Current English. Oxford University Press – Greate Britian.

Lado, Robert. 1961. The Little Rhetorical and Handbook. Canada : Willey and Sons,    Inc

River, Wilga M. 1981. Theaching Foreign Language Skill. Chicago : The University of Chicago Press

Sutomo. 1985. Teknik Penilaian Pendidikan. Surabaya : Penerbit PT. Bina Ilmu.

Suhardinata, NS, Prof, Dr, 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung : Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Uzer, UM, 2002.  Menjadi Guru Profesional. Bandung : Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

RUBRIK PENILAIAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF

MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

KRITERIA INDIKATOR SKOR
KESESUAIAN  ISI BAIK SEKALI

Mengerjakan tugas  dengan amat baik, pembahasan amat baik, informasi relevan dan tepat, interpretasi sangat kuat dan mendukung.

81-100
BAIK

Mampu mengerjakan tugas dengan baik, pembahasan mampu, informasi umumnya relevan dan tepat, interpretasi umumnya mendukung

61-80
CUKUP

Kurang mampu mengerjakan tugas, pembehasan dapat diterima tapi kadang tidak konsisten, informasi kadang tidak relevan/ tidak tepat, interpretasi kadang tidak konsisten dengan fakta.

41-60
KURANG

Tidak bisa mngerjakan tugas, pembahasan tidak lengkap dan tidak konsisten, informasi sering tidak relevan/tidak tepat, interpretasi tidak konsisten dengan fakta

21-40
KURANG SEKALI/TIDAK BISA DITERIMA

Mengabaikan atau tidak memahami tugas, minim pembahasan, informasi dan interpretasi tidak relevan

00-20
KESESUAIAN LANGKAH/ RETORIKA BAIK SEKALI

Komunikasi efektif, sangat konsisten dengan bentuk teks khusus, ungkapan tertata dengan baik dan teratur, hubungan antar bagian teks jelas.

81-100
BAIK

Komunikasi cukup efektif, umumnya konsisten dengan bentuk teks khusus, organisasi dan urutan ungkapan umumnya tertata baik dan teratur, hubungan antar bagian teks umumnya jelas.

61-80
CUKUP

Komunikasi kadang cukup efektif, konsisten dengan bentuk teks khusus kadang terabaikan, panataan ungkapan kadang sulit diikuti, hubungan antar bagian teks kadang tidak jelas.

41-60
KURANG

Komunikasi tidak efektif, maksud tidak jelas, tidak mengikuti teks bentuk khusus, penataan dan urutan ungkapan membingungkan, hubungan antar bagian teks tidak jelas.

21-40
KURANG SEKALI/TIDAK BISA DITERIMA

Tidak bisa dipahami sama sekali, mengabaikan bentuk teks khusus, tidak ada penataan teks.

00-20
KESESUAIAN BAHASA BAIK SEKALI

Bahasa yang digunakan sangat sesuai dengan bentuk teks yang diberikan dan koteks komunikasi.

81-100
BAIK

Umumnya bahasa yang digunakan sesuai dengan bentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi.

61-80
CUKUP

Bahasa yang digunakan tidak konsisten dengan bentuk teks yang diberikan dan konteks.

41-60
KURANG

Bahasa yang digunakan tidak sesuai dengan bentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi

21-40
KURANG SEKALI/TIDAK BISA DITERIMA

Bahasa yang digunakan sangat buruk

00-20
KESESUAIAN BENTUK SANGAT BAIK

Bentuk, ejaan, pemilihan kata, tanda baca, penggunaan huruf besar, kerapian sangat memenuhi aturan teks.

81-100
BAIK

Bentuk, ejaan, pemilihan kata, kesesuaian, tanda baca, huruf  besar, dan kerapian umumnya  memenuhi aturan-aturan teks.

61-80
CUKUP

Bentuk, ejaan, pemilihan kata, kesesuaian, tanda baca, huruf  besar, dan kerapian sebagian  memenuhi aturan-aturan teks

41-60
KURANG

Bentuk, ejaan, pemilihan kata, kesesuaian, tanda baca, huruf  besar, dan kerapian umumnya tidak  memenuhi aturan-aturan teks

21-40
KURANG SEKALI/TIDAK BISA DITERIMA

Bentuk, ejaan, pemilihan kata, kesesuaian, tanda baca, huruf  besar, dan kerapian tidak  memenuhi aturan-aturan teks

00-20

PEROLEHAN SKOR

SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 1 TALIWANG

SIKLUS I

NO NAMA SKOR KATEGORI
1. Aditya Dwimaryanto 75 Baik
2 Aini Rizkillah Febrianti 72 Baik
3 Alwiyah 47 Kurang
4 Amanda Widya Putri 59 Cukup
5 Angi Nurkhairina 78 Baik
6 Asri Dwi Ariyani 59 Cukup
7 Bery Wahyudi 75 Baik
8 Devi Damayanti 72 Baik
9 Erwin Kurniawan 76 Baik
10 Farlina Aprianingsih 75 Baik
11 Hanifah 49 Kurang
12 Ida Zubaedah 47 Kurang
13 Izhati Choirina 59 Cukup
14 Muhammad Ilham 55 Cukup
15 Nilam Alvica Augustia 75 Baik
16 Neni Nurindani 76 Baik
17 Rina Kusdia Mentari 55 Cukup
18 Rizka Tri Mulyani 74 Baik
19 Sahlan Abdul Gani 59 Cukup
20 Syafilah Nurkhairina 46 Kurang
21 Setiaji Rahmansyah 75 Baik
22 Sofiah Mawaddatin 46 Kurang
23 Tiwi Permatasari 72 Baik
24 Wahyu Nitari 76 Baik
25 Yahdi Isnu Miftahuddin 56 Cukup

PEROLEHAN SKOR

SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 1 TALIWANG

SIKLUS II

NO NAMA SKOR KATEGORI
1. Aditya Dwimaryanto 78 Baik
2 Aini Rizkillah Febrianti 75 Baik
3 Alwiyah 61 Baik
4 Amanda Widya Putri 69 Baik
5 Angi Nurkhairina 79 Baik
6 Asri Dwi Ariyani 70 Baik
7 Bery Wahyudi 75 Baik
8 Devi Damayanti 72 Baik
9 Erwin Kurniawan 79 Baik
10 Farlina Aprianingsih 78 Baik
11 Hanifah 50 Kurang
12 Ida Zubaedah 49 Kurang
13 Izhati Choirina 60 Cukup
14 Muhammad Ilham 57 Cukup
15 Nilam Alvica Augustia 75 Baik
16 Neni Nurindani 76 Baik
17 Rina Kusdia Mentari 57 Cukup
18 Rizka Tri Mulyani 74 Baik
19 Sahlan Abdul Gani 70 Baik
20 Syafilah Nurkhairina 65 Baik
21 Setiaji Rahmansyah 75 Baik
22 Sofiah Mawaddatin 65 Baik
23 Tiwi Permatasari 72 Baik
24 Wahyu Nitari 76 Baik
25 Yahdi Isnu Miftahuddin 76 Baik

HASIL PENUGASAN 2 SIKLUS

SIKLUS SKOR JUMLAH SISWA KATEGORI PERSENTASE
I 81 – 100 - Sangat Baik 0%
61 – 80 13 Baik 52%
41 – 60 7 Cukup 28%
21 – 40 5 Kurang 20%
0 – 21 0 Sangat Kurang 0%
II 81 – 100 0 Sangat Baik 0%
61 – 80 20 Baik 80%
41 – 60 3 Cukup 12%
21 – 40 2 Kurang 8%
0 – 21 0 Sangat Kurang 0%

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH      : SMP NEGERI 1 TALIWANG

MATA PELAJARAN    : BAHASA INGGRIS

KELAS/SEMESTER     : VIII/II

ALOKASI WAKTU     : 4 X 40 MENIT

STANDAR KOMPETENSI

MENULIS : Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional esei pendek sederhana berbentuk deskriptif dan recount untuk berinteraksi dengan lignkungan sekitar.

KOMPETENSI DASAR

Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk deskriptif dan recount

INDIKATOR

  • Mengidentifikasi gambar
  • Menemukan kata-kata yang berhubungan dengan gambar.
  • Menyusun kata-kata menjadi kalimat yang padu
  • Menulis teks deskriptif sederhana tentang gambar

JENIS TEKS      : DESKRIPTIF TEKS

ASPEK             : MENULIS

ALOKASI WAKTU       : 4 X 40 Menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu :

  • Mengidentifikasi gambar
  • Menemukan kata-kata yang berhubungan dengan gambar
  • Menyusun kata-kata menjadi kalimat yang padu
  • Menulis teks deskriptif pendek sederhana tentang gambar

B. MATERI PEMBELAJARAN

This is a kind of electronic device.

It has a screen or monitor, keyboard, a mouse and a CPU

We can type a letter and save it inside.

It can be found at school or at the office

This is an animal

It has four legs and sometimes its tail is long or short

Its fur is soft and white

It likes to eat meat and bone

It can bark

Some people keep it to watch the house out.

C. METODE PEMBELAJARAN : Three-phase Technique

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan I

1. Kegiatan Pendahuluan

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Ä   Mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa

Ä   Menanyakan benda, orang, profesi, hewan, yang mereka sukai.

Ä   Menanyakan alasan kenapa siswa menyukai benda, orang, hewan, profesi yang mereka sebutkan

2. While Activity

Ä  Mengeluarkan sebuah gambar

Ä  Meminta siswa untuk menebak gambar

Ä  Guru memberikan gambaran umum tentang gambar secara lisan

Ä  Meminta siswa untuk menyebutkan kata-kata yang berhubungan dengan gambar.

Ä  Menulis kata-kata yang disebutkan siswa di papan tulis.

Ä  Menanyakan siswa arti dari kata-kata yang disebutkan

Ä  Meminta siswa untuk mencari makna kata-kata yang disebutkan di dalam kamus.

Ä  Menuliskan verb phrases atau noun phrases yang berhubungan dengan gambar.

Ä  Menjelaskan kata depan, kata ganti dan kata sambung yang dapat digunakan dalam menulis teks.

Ä  Menjelaskan langkah-langkah menulis teks deskriptif.

Ä  Meminta siswa untuk meyusun kata-kata, verb phrases dan noun  phrases yang berhubungan dengan gambar menjadi sebuah teks deskriptif sederhana.

Ä  Mengamati siswa selama proses mengerjakan tugas.

Ä  Mengarahkan dan membimbing siswa yang menemui kesulitan.

Ä  Meminta siswa untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya

3. Post Activity

Ä Setelah tugas diselesaikan, siswa diberikan gambar berbeda satu sama lainnya.

Ä  Seluruh siswa diberikan tugas di rumah untuk mencari gambar lain yang berhubungan dengan topik yang telah didiskusikan untuk menulis teks deskriptif yang lain.

E. SUMBER BELAJAR

  1. Buku teks yang relevan
  2. Gambar-gambar yang relevan

F.  PENILAIAN

a. Teknik : Tes tulis

b. Bentuk : Menulis teks deskriptif

c. Instrumen : Write a simple description of the picture.

d. Pedoman penilaian

1. Skor maksimal 10

2. Nilai maksimal 10

3. Skor perolehan

X 10  =  Nilai siswa

Skor maksimal x 10

Mengetahui,                                                                      Taliwang,    Juli  2008

Kepala Sekolah                                                                   Guru Mata Pelajaran

M. Z A I N G, S.Pd.                                                         MUJIBURRAHMAN, S.Pd.

NIP. 131095952                                                             NIP. 132274405

KATA PENGANTAR

Puji syukur senantiasa tercurah kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat dan hidayah-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kerlas (PTK) yang sangat sederhana ini dapat kami selesaikan walaupun kami rasakan masih sangat jauh dari kesempurnaan.

Ide penulisan Penelitian Tindakan Kelas ini lahir dari kerisauan penulis dengan rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran mata pelajaran bahasa Inggris, khususnya yang berhubungan dengan keterampilan menulis. Bertolak dari kerisauan tersebut, penulis beranggapan bahwa tidak ada salahnya masalah ini diangkat sebagai bahan kajian untuk diteliti, dengan harapan dapat dicarikan alternatif solusi pendekatan dan juga nantinya dapat dijadikan sebagai acuan pendekatan yang dapat dipakai dalam proses pembelajaran di masa-masa yang akan datang. Sehingga dari hasil penelitian ini pula diharapkan dapat memberikan dampak dan pengaruh positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa, khususnya yang berkaitan dengan keterampilan menulis.

Rampungnya laporan ini tentu saja tidak terlepas dari bantuan banyak pihak, khususnya Kepala SMP Negeri 1 Taliwang yang mendukung secara optimal dan tentunya dan tentu pula rekan-rekan guru yang lain. Karenanya, penulis sebagai manusia yang beradab dan beretika tidak lupa mengucapkan  terima kasih atas segala bantuan yang diberikan.

Penulis menyadari dengan sangat sadar bahwa laporan ini masih sangat jauh dari kesempurnaan, karena itu dengan sangat terbuka penulis menerima kritikan dan saran yang konstruktif demi perbaikan laporan ini di masa-masa mendatang.

Akhirnya, penulis berharap laporan ini dan hasil penelitiannya dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap dunia pendidikan pada umumnya serta tentunya bagi penulis dan guru-guru yang membaca laporan ini, terima kasih.

Taliwang, Maret 2008

Penulis

DAFTAR ISI

Halaman Judul

Halaman Pengesahan

Abstrak

Kata Pengantar

Daftar Isi

BAB I             PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang……………………………………………………..                1

B.  Rumusan Masalah………………………………………………..                 3

C.  Tujuan Penelitian………………………………………………….                 3

D.  Manfaat Penelitian……………………………………………….                 3

BAB II            TINJAUAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori…………………………………………………………                5

B.  Hipotensi tindakan………………………………………………..                9

BAB III          METODE PENELITIAN

A.  Setting Penelitian………………………………………………..                  10

B.  Faktor-Faktor Yang Diteliti ………………………………….                 10

C.  Tahapan-Tahapan Pemecahan Masalah ………………….                  11

D.  Sumber Data ………………………………………………………                 16

E.  Data Analisis ………………………………………………………                 16

F.  Indikator Keberhasilan …………………………………………                 16

BAB IV          HASIL DAN PEMBAHASAN

A.  Hasil…………………………………………………………………..                 20

B.  Pembahasan………………………………………………………….                23

BAB V.           KESIMPULAN DAN SARAN

A.  Kesimpulan……………………………………………………………              25

B.  Saran-saran…………………………………………………………….              25

Daftar Pustaka

Lampiran-lampiran

Dapat juga di download di sini

About these ads

One response to this post.

  1. jLn2 k sekotong lobar ya…

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: